RPP Anekdot Kerja Mandiri
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMA Negeri 8 Samarinda
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Materi : Teks
Anekdot
Tema “Kritik dan Humor dalam Layanan Publik”
Alokasi Waktu :
6 JP
A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
KI 4 : Mengolah, menalar,
menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak
secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar
3.1. Memahami
struktur dan kaidah teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik lisan
maupun tulisan.
3.3 Menganalisis teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks,
dan negosiasi baik lisan maupun tulisan.
3.4. Mengevaluasi
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui
lisan maupun tulisan.
4.1. Menginterpretasi
makna teks anekdot, eksposisi,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks dan negosiasi baik secara lisan
maupun tulis.
4.2. Memproduksi
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan
dibuat baik secara lisan mupun tulisan
4.3.
Menyunting teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
4.2.1.
menyusun struktur teks anekdot berupa
klasifikasi umum dan aspek yang dilaporkan.
4.2.2.
membuat teks anekdot.
4.3.1.
memperbaiki kaidah kebahasaan yang
salah dalam berbagai teks anekdot.
4.3.2.
Menyunting isi sesuai dengan struktur
isi teks anekdot.
D. Materi Pembelajaran
1.
Langkah-langkah
penulisan teks anekdot sesuai dengan struktur isi teks laporan observasi.
2.
Penyuntingan isi sesuai
dengan struktur isi teks anekdot
3.
Penyuntingan bahasa
sesuai dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
E. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan
Pertama
|
Tahapan
Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
|
Orientasi
siswa pada masalah (Pendahuluan)
|
Salah seorang peserta didik memimpin berdoa sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
|
|
Pendidik mengabsen dan
melakukan sapa salam kepada peserta didik.
|
|
|
Pendidik menyampaikan tujuan
pembelajaran.
|
|
|
Peserta didik diminta menyimak contoh teks anekdot
.
|
|
|
Peserta didik menyimak masalah yang disampaikan
pendidik tentang struktur pembangun teks anekdot.
|
|
|
Peserta didik menyimak masalah yang disampaikan
pendidik tentang ciri bahasa teks anekdot.
|
|
|
Peserta didik diminta mengemukakan tanggapan dan
pendapat terhadap permasalahan struktur pembangun dan ciri bahasa yang
terkandung di dalam contoh teks anekdot.
|
|
|
Mengorganisasi
siswa dalam belajar (Pendahuluan)
|
Peserta didik belajar sesuai arahan pendidik
|
|
Peserta didik menerima LKS (tentang struktur
pembangun teks dan ciri bahasa teks anekdot)
|
|
|
Peserta didik mencari contoh-contoh teks anekdot
bertema “layanan publik”
|
|
|
Membimbing
penyelidikan peserta didik secara mandiri maupun kelompok (Kegiatan Inti)
|
Peserta didik melakukan identifikasi teks anekdot
dengan menggunakan LKS dalam kelompok
|
|
Pendidik
memfasilitasi dan membimbing kelompok dalam berdiskusi untuk memecahkan
masalah
|
|
|
Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya (Kegiatan
Inti)
|
Peserta didik menjawab pertanyaan pada LKS dan
menyajikan dalam laporan tertulis
|
|
Peserta didik menyajikan laporan pembahasan hasil
jawaban, penarikan kesimpulan dari mengidentifikasi teks anekdot
|
|
|
Menganalisis
dan mengevaluasi proses pemecahan masalah (Penutup)
|
Peserta didik dibimbing pendidik melakukan
analisis terhadap masalah teks anekdot yang ditemukan peserta didik
|
|
Kelompok peserta didik yang menghasilkan pemecahan
masalah teks anekdot yang lengkap diberi penghargaan
|
|
|
Pendidik melakukan evaluasi hasil belajar mengenai
materi yang telah dipelajari peserta didik
|
2. Pertemuan
Kedua
|
Tahapan
Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
|
Orientasi
siswa pada masalah (Pendahuluan)
|
Salah seorang peserta didik memimpin berdoa sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
|
|
Pendidik mengabsen dan
melakukan sapa salam kepada peserta didik.
|
|
|
Peserta didik merespons salam
dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
|
|
|
Peserta didik menerima informasi tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
|
|
|
Peserta didik menyimak masalah yang disampaikan
pendidik tentang isi pada teks anekdot.
|
|
|
Peserta didik menyimak masalah mengenai cara
memaknai teks anekdot.
|
|
|
Peserta didik diminta mengemukakan tanggapan dan
pendapat terhadap isi teks anekdot dan memaknai isi yang terkandung dalam
teks.
|
|
|
Mengorganisasi
siswa dalam belajar (Pendahuluan)
|
Peserta didik belajar sesuai arahan pendidik
|
|
Peserta didik menerima LKS (tentang isi teks
anekdot )
|
|
|
Peserta didik membuat teks anekdot bertema
“Layanan Sekolah”
|
|
|
|
Peserta didik menerima LKS (tentang memaknai isi teks
anekdot)
|
|
Membimbing
penyelidikan peserta didik secara mandiri maupun kelompok (Kegiatan Inti)
|
Peserta didik melakukan identifikasi teks anekdot
dengan menggunakan LKS dalam kelompok
|
|
Pendidik
memfasilitasi dan membimbing kelompok dalam berdiskusi untuk memecahkan
masalah
|
|
|
Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya (Kegiatan
Inti)
|
Peserta didik menjawab pertanyaan pada LKS dan
menyajikan dalam laporan tertulis
|
|
Peserta didik menyajikan hasil jawaban dalam
bentuk portofolio, penarikan kesimpulan dari mengidentifikasi teks anekdot
|
|
|
Menganalisis
dan mengevaluasi proses pemecahan masalah (Penutup)
|
Peserta didik dibimbing pendidik melakukan
analisis terhadap masalah teks anekdot yang ditemukan peserta didik
|
|
Kelompok peserta didik yang menghasilkan pemecahan
masalah teks anekdot yang lengkap diberi penghargaan
|
|
|
Pendidik melakukan evaluasi hasil belajar mengenai
materi yang telah dipelajari peserta didik
|
F. Penilaian,PembelajaranRemedial,danPengayaan
a.
Penilaian Kompetensi
Sikap Melalui Observasi
Penilaian Sikap Kegiatan Praktikum/Diskusi
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
|
Kelas/Semester
|
:
|
X/ I
|
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
4.2 :
Memproduksi teks anekdot yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang
akan dibuat baik secara lisan mupun
tulisan
|
|
Topik/Subtopik
|
:
|
Teks
|
|
IndikatorTeks anekdot Pencapaian Kompetensi
|
:
|
Menciptakan
teks anekdot
|
|
Instrumen:
Keterangan
:
4 : sangat baik
3 : baik
2 : cukup
1 : kurang
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
Penilaian kompetensiKetrampilan
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
|
Kelas/Semester
|
:
|
X/I
|
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
4.2 : Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, anekdot,
dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan
dibuat baik secara lisan mupun tulisan
|
|
Topik/Subtopik
|
:
|
Teksanekdot
|
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
:
|
Menentukandan menyusun strukturteks anekdot
|
Format PenilaianProduk
MateriPelajaran : Nama :
NamaProyek : Memproduksi
teks anekdot Kelas :
AlokasiWaktu :
4 JamPelajaran (2pertemuan@2 x45menit)
|
No
|
Tahapan
|
Skor (1-5)
|
|
1
|
TahapanPerencanaan
|
|
|
2
|
Tahap proses pembuatan:
a. Persiapan
b. Pengumpulan data
c. Pengembangan
|
|
|
3
|
TahapAkhir
(HasilProduk)
a. Bentukfisik
b. Inovasidankreatifitas
c. Penampilan
d. Presentasi
|
|
|
|
TOTAL SKOR
|
|
Menyunting
|
No
|
Kunci/Kriteria
jawaban/Aspek yang dinilai
|
Tingkat
|
Skor
|
|
1.
|
·
Amat menguasai; amat luas
dan lengkap; amat terjabar; amat sesuai dengan ketentuan.
·
Menguasai; luas dan lengkap; terjabar;
sesuai dengan ketentuan, meskipun
kurang terinci.
·
Menguasai secara terbatas; kurang lengkap; kurang terjabar; kurang terinci.
·
Tidak menguasai isi; tidak
mengena.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
4
3
2
1
|
|
2.
|
Organisasi
·
Amat
teratur dan rapi; amat jelas; kaya akan gagasan; urutan amat logis; kohesi
amat tinggi.
·
Teratur
dan rapi; jelas; banyak gagasan; urutan logis; kohesi tinggi.
·
Kurang
teratur dan rapi; kurang jelas;
kurang gagasan; urutan kurang logis;
kohesi kurang tinggi.
·
Tidak
teratur; tidak jelas; miskin gagasan; urutan tidak logis; tidak ada
kohesi.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
4
3
2
1
|
|
3.
|
KosakatadanDiksi
·
Amat
luas; penggunaan amat efektif, amat menguasai pembentukan kata, pemilihan kata amat tepat.
·
Luas, penggunaan efektif, menguasai pembentukan kata, pemilihan kata yang tepat.
·
Terbatas, kurang efektif, kurang menguasai pembentukan kata, pemilihan kata kurang tepat.
·
Seperti
terjemahan, tidak memahami pembentukan kata, tidak menguasai kata-kata.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
4
3
2
1
i.
|
|
4.
|
Bahasa
(Tata Bahasa dan Struktur)
·
Amat
menguasai tata bahasa; amat sedikit kesalahan penggunaan dan penyusunan
kalimat dan kata-kata.
·
Penggunaan
dan penyusunan kalimat sederhana; sedikit kesalahan tata bahasa tanpa
mengaburkan makna.
·
Kesulitan
dalam penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; kesalahan tata bahasa yang
mengaburkan makna.
·
Tidak
menguasai penggunaan dan penyusunan kalimat ; tidak komunikatif.
|
Amatbaik
Baik
Sedang
Kurang
|
4
3
2
1
|
|
5.
|
Penulisan
(Ejaan dan Tanda Baca)
·
Amat menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan.
·
Menguasai
kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan sedikit kesalahan.
·
Kurang
menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan banyak kesalahan.
·
Tidak
menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, tulisan sulit dibaca.
|
Amatbaik
Baik
Sedang
Kurang
|
4
3
2
1
|
|
6.
|
Kerapian
· Terbaca,
bersihdanrapi.
· Terbaca, bersih, tapitidakrapi.
·
Terbaca,
tidak bersih dan tidak rapi.
·
Tidak
terbaca, tidak bersih, dan tidak rapi.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
4
3
2
1
|
G.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a. Kumpulan teks anekdot
b. Internet
2. Alat
a. Browser
3.
Sumber Pembelajaran
Maryanto; Nurhayati; Elvi
Suzanti; dan Anik Muslikah. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,__Jakarta : Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2015
Mengetahui, Samarinda,
3 Nopember 2016
Kepala
Sekolah Guru
Mapel
Drs. Wahyudi, M. Pd. Resmi Sari, S. Pd.