RPP Anekdot Kerja Mandiri



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                            : SMA Negeri 8 Samarinda
Mata Pelajaran                           : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                           : X/1
Materi                                         : Teks Anekdot
                                                     Tema “Kritik dan Humor dalam Layanan Publik”
Alokasi Waktu                             : 6 JP

A.    Kompetensi Inti
KI 1       :    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2       :    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3       :    Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4       :    Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar
3.1.    Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik lisan maupun tulisan.
3.3     Menganalisis teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik lisan maupun tulisan.
3.4.    Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan.
4.1.    Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks dan negosiasi baik secara lisan maupun tulis.
4.2.    Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat  baik secara lisan mupun tulisan
4.3.  Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.


C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
4.2.1.      menyusun struktur teks anekdot berupa klasifikasi umum dan aspek yang dilaporkan.
4.2.2.      membuat teks anekdot.
4.3.1.      memperbaiki kaidah kebahasaan yang salah  dalam berbagai teks anekdot.
4.3.2.      Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks anekdot.

D.    Materi Pembelajaran
                           1.               Langkah-langkah penulisan teks anekdot sesuai dengan struktur isi teks laporan observasi.
                           2.               Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks anekdot
                           3.               Penyuntingan bahasa sesuai dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.    Pertemuan Pertama
Tahapan Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi siswa pada masalah (Pendahuluan)
Salah seorang peserta didik memimpin berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Pendidik mengabsen dan melakukan sapa salam kepada peserta didik.
Pendidik menyampaikan tujuan pembelajaran.
Peserta didik diminta menyimak contoh teks anekdot .
Peserta didik menyimak masalah yang disampaikan pendidik tentang struktur pembangun teks anekdot.
Peserta didik menyimak masalah yang disampaikan pendidik tentang ciri bahasa teks anekdot.
Peserta didik diminta mengemukakan tanggapan dan pendapat terhadap permasalahan struktur pembangun dan ciri bahasa yang terkandung di dalam contoh teks anekdot.
Mengorganisasi siswa dalam belajar (Pendahuluan)
Peserta didik belajar sesuai arahan pendidik
Peserta didik menerima LKS (tentang struktur pembangun teks dan ciri bahasa teks anekdot)
Peserta didik mencari contoh-contoh teks anekdot bertema “layanan publik”
Membimbing penyelidikan peserta didik secara mandiri maupun kelompok (Kegiatan Inti)
Peserta didik melakukan identifikasi teks anekdot dengan menggunakan LKS dalam kelompok
Pendidik memfasilitasi dan membimbing kelompok dalam berdiskusi untuk memecahkan masalah
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya (Kegiatan Inti)
Peserta didik menjawab pertanyaan pada LKS dan menyajikan dalam laporan tertulis
Peserta didik menyajikan laporan pembahasan hasil jawaban, penarikan kesimpulan dari mengidentifikasi teks anekdot
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah (Penutup)
Peserta didik dibimbing pendidik melakukan analisis terhadap masalah teks anekdot yang ditemukan peserta didik
Kelompok peserta didik yang menghasilkan pemecahan masalah teks anekdot yang lengkap diberi penghargaan
Pendidik melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari peserta didik

2.    Pertemuan Kedua
Tahapan Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi siswa pada masalah (Pendahuluan)
Salah seorang peserta didik memimpin berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Pendidik mengabsen dan melakukan sapa salam kepada peserta didik.
Peserta didik merespons salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi  dan pembelajaran sebelumnya.
Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Peserta didik menyimak masalah yang disampaikan pendidik tentang isi pada teks anekdot.
Peserta didik menyimak masalah mengenai cara memaknai teks anekdot.
Peserta didik diminta mengemukakan tanggapan dan pendapat terhadap isi teks anekdot dan memaknai isi yang terkandung dalam teks.
Mengorganisasi siswa dalam belajar (Pendahuluan)
Peserta didik belajar sesuai arahan pendidik
Peserta didik menerima LKS (tentang isi teks anekdot )
Peserta didik membuat teks anekdot bertema “Layanan Sekolah”

Peserta didik menerima LKS (tentang memaknai isi teks anekdot)
Membimbing penyelidikan peserta didik secara mandiri maupun kelompok (Kegiatan Inti)
Peserta didik melakukan identifikasi teks anekdot dengan menggunakan LKS dalam kelompok
Pendidik memfasilitasi dan membimbing kelompok dalam berdiskusi untuk memecahkan masalah
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya (Kegiatan Inti)
Peserta didik menjawab pertanyaan pada LKS dan menyajikan dalam laporan tertulis
Peserta didik menyajikan hasil jawaban dalam bentuk portofolio, penarikan kesimpulan dari mengidentifikasi teks anekdot
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah (Penutup)
Peserta didik dibimbing pendidik melakukan analisis terhadap masalah teks anekdot yang ditemukan peserta didik
Kelompok peserta didik yang menghasilkan pemecahan masalah teks anekdot yang lengkap diberi penghargaan
Pendidik melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari peserta didik






F.     Penilaian,PembelajaranRemedial,danPengayaan
a.      Penilaian  Kompetensi  Sikap  Melalui  Observasi
Penilaian  Sikap Kegiatan Praktikum/Diskusi
Mata Pelajaran       
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester      
:
X/ I
Kompetensi Dasar 
:
4.2 : Memproduksi teks anekdot yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat  baik secara lisan mupun tulisan
Topik/Subtopik
:
Teks
IndikatorTeks anekdot Pencapaian Kompetensi
:
Menciptakan teks anekdot
           
Instrumen:
No.
Nama siswa
Bertanggung Jawab
Responsif
Jujur
Jumlah Skor
Nilai
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
........














2
.........














3
..........














Contoh perhitungan nilai,
Nilai observasi pada saat diskusi
Nilai : Jumlah Skor  X 100
                   12

 
Keterangan :
4 : sangat baik
3 : baik
2 : cukup
1 : kurang             
 




b.      Penilaian  kompetensiKetrampilan

Mata Pelajaran       
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester      
:
X/I
Kompetensi Dasar 
:
4.2 :    Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, anekdot, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat  baik secara lisan mupun tulisan
Topik/Subtopik
:
Teksanekdot
Indikator Pencapaian Kompetensi
:
Menentukandan menyusun strukturteks anekdot
           

Format PenilaianProduk
MateriPelajaran :                                                                                             Nama  :
NamaProyek      : Memproduksi teks anekdot                                               Kelas  :           
AlokasiWaktu   : 4 JamPelajaran (2pertemuan@2 x45menit)
No
Tahapan
Skor (1-5)
1
TahapanPerencanaan

2
Tahap proses pembuatan:
a.       Persiapan
b.      Pengumpulan data
c.       Pengembangan

3
TahapAkhir  (HasilProduk)
a.       Bentukfisik
b.      Inovasidankreatifitas
c.       Penampilan
d.      Presentasi


TOTAL SKOR


Menyunting
No
Kunci/Kriteria jawaban/Aspek yang dinilai
Tingkat
Skor
1.
·     Amat menguasai; amat luas dan lengkap; amat terjabar; amat sesuai dengan ketentuan.
·     Menguasai;  luas dan lengkap; terjabar; sesuai dengan ketentuan, meskipun kurang terinci.
·     Menguasai secara terbatas; kurang lengkap; kurang terjabar; kurang terinci.
·     Tidak menguasai isi; tidak mengena.
Amat baik
Baik

Sedang
Kurang
4
3

2
1
2.
Organisasi
·     Amat teratur dan rapi; amat jelas; kaya akan gagasan; urutan amat logis; kohesi amat tinggi.
·     Teratur dan rapi;  jelas; banyak  gagasan; urutan  logis; kohesi  tinggi.
·     Kurang teratur dan rapi;  kurang jelas; kurang  gagasan; urutan kurang logis; kohesi kurang tinggi.
·     Tidak teratur;  tidak  jelas; miskin  gagasan; urutan tidak logis; tidak ada kohesi.

Amat baik
Baik

Sedang

Kurang

4
3

2

1
3.
KosakatadanDiksi
·     Amat luas; penggunaan amat efektif, amat menguasai pembentukan kata, pemilihan kata amat tepat.
·     Luas, penggunaan efektif, menguasai pembentukan kata, pemilihan kata yang tepat.
·     Terbatas, kurang efektif, kurang menguasai pembentukan kata, pemilihan kata kurang tepat.
·     Seperti terjemahan, tidak memahami pembentukan kata, tidak menguasai kata-kata.

Amat baik

Baik
Sedang
Kurang

4

3
2
1
i.                        
4.
Bahasa (Tata Bahasa dan Struktur)
·      Amat menguasai tata bahasa; amat sedikit kesalahan penggunaan dan penyusunan kalimat dan kata-kata.
·      Penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; sedikit kesalahan tata bahasa tanpa mengaburkan makna.
·      Kesulitan dalam penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; kesalahan tata bahasa yang mengaburkan makna.
·      Tidak menguasai penggunaan dan penyusunan kalimat ; tidak komunikatif.

Amatbaik

Baik

Sedang
Kurang

4

3

2
1
5.
Penulisan (Ejaan dan Tanda Baca)
·      Amat  menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan.
·      Menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan sedikit kesalahan.
·      Kurang menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan banyak kesalahan.
·      Tidak menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, tulisan sulit dibaca.

Amatbaik
Baik
Sedang

Kurang

4
3
2

1
6.
Kerapian
·      Terbaca, bersihdanrapi.
·      Terbaca,  bersih, tapitidakrapi.
·      Terbaca, tidak bersih dan tidak rapi.
·      Tidak terbaca, tidak bersih, dan tidak rapi.

Amat baik
Baik
Sedang
Kurang

4
3
2
1

G.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.  Media
a.  Kumpulan teks anekdot
b.  Internet
2.  Alat
a.  Browser
3. Sumber Pembelajaran
              Maryanto; Nurhayati; Elvi Suzanti; dan Anik Muslikah. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,__Jakarta : Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015


Mengetahui,                                                                Samarinda, 3 Nopember 2016
Kepala Sekolah                                                         Guru Mapel



Drs. Wahyudi, M. Pd.                                               Resmi Sari, S. Pd.
                                            

Postingan Populer